SEJARAH SINGKAT
PERGURUAN ISLAM “ BUSTANUL ULUM “
PAGERHARJO WEDARIJAKSA PATI
YAYASAN ITTIHADUL MUSLIMIN
PERGURUAN ISLAM “ BUSTANUL ULUM “
ALAMAT : Jl. Raya Rogoino No 54 Pagerharjo Wedarijaksa 59152
PATI
DAFTAR ISI
- Sejarah Singkat Perguruan Islam Bustanul Ulum ( PIB ) 1
- Unit Pendidikan dan Lembaga yang dikelola PIB
- Data – data Guru dan karyawan PIB
- Kurikulum PIB
- Alumni PIB
- Kegiatan Ekstra Kurikulum PIB
- Prestasi yang pernah diraih PIB
- Para Pejabat / Tamu yang pernah hadir di PIB
- Fasilitas – fasilitas yang dimiliki PIB
- Lain-lain
LAMPIRAN – LAMPIRAN
- SEJARAH SINGKAT PERGURUAN ISLAM BUSTANUL ULUM
Perguruan Islam Bustanul Ulum Pagerharjo Wedarijaksa Pati Berdiri sejak 16 Agustus 1966 oleh :
- KH.Sholeh
- K. Sudiran
- K.Nashrun
- K. Jaiz
- K. Zuhri
- Syamsul Hadi
- Nuryati
Pada mulanya hanya memiliki siswa/ santri sekitar 30 orang dengan program pendidikan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) hingga berkembang terus sedikit demi sedikit dan memiliki 566 siswa / santri pada tahun ajaran 1995/1996.
Dan dari sarana / prasarana yang sangat sederhana hingga memiliki sarana / prasarana yang cukup memadai.
Dalam perjalanan historisnya, Perguruan Islam Bustanul Ulum mendirikan Madrasah Tsanawiyah ( MTs. ) pada tahun 1986 oleh K.Moh. Ubaidah Nashrun, K. Sulaiman Nashrun, K. Mathori, K.Munhaji dkk.
Selanjutnya atas tuntutan Departemen Agama semua Madrasah harus memiliki Badan Hukum yang sah maka pada tanggal 24 Nopember 1989 sadah berakte Notaris No. 62/1989 IMAM SOETARJO SH, dengan nama YAYASAN ITTIHADUL MUSLIMIN ( YIM ).
Pada mulanya Yayasan tersebut diketuai oleh Bp. Moh. Sholeh (Purnawirawan ABRI ) dan sekarang diketuai oleh Bp. Sulaiman Nashrun ( Kades Pagerharjo ).
Pada tahun 1989 didirikan Madrasah Diniyah Ula untuk mengantisipasi siswa SD agar bisa masuk dan mengikuti materi / pelajaran di Madrasah Tsanawiyah.
Kemudian pada atahun pelajaran 1991/1992 didirikan Madrasah Aliyah ( MA ) untuk menampung lulusan madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum khususnya dan Madrasah Tsanawiyah lainnya pada umumnya.
Dan pada tahun pelajaran 1994/1995 didirikan TK Islam dan Pondok Pesantren untuk melengkapi unit-unit pendidikan di Perguruan Islam Bustanul Ulum.
- UNIT – UNIT PENDIDIKAN DAN LEMBAGA YANG DIKELOLA
Yayasan Ittihadul Muslimin Pagerharjo Wedarijaksa mengelola bidang – bidang sebagai berikut :
1. Pendidikan
2. Sosial
3. Perekonomian
A. Bidang Pendidikan, menyelenggarakan unit-unit sbb:
- Taman Kanak – kanak Islam ( TK ) Bustanul Ulum
- Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) Bustanul Ulum
- Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) Bustanul Ulum
- Madrasah Aliyah ( MA ) Bustanul Ulum
- Madrasah Diniyah (MADIN ) Bustanul Ulum
- Pondok Pesantren ( PONPES ) Bustanul Ulum
- Kursus Ketrampilan Bustanul Ulum
- Majlis Ta’lim Bustanul Ulum
B. Bidang Sosial mengelola urusan;
- Badan Amil Zakat, INfaq dan Shodaqoh ( BAZIS )
C. Bidang Perekonomian , mengelola:
- Koperasi siswa / santri
- Koperasi Yayasan Ittihadul Muslimin
- Produksi Batu Bata
- Ternak Ayam/Unggas
- DATA GURU DAN KARYAWAN
NO | N A M A | NIP / GOL | STS | PENDIDIKAN | JABATAN/GURU |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 | Drs. Moh. Ubaidah Ns. KH. Tlolhah KH. Ah. Husnan Lc. K.Nafi’un K.Ihsan Siraj K.Nuryati K.Mahfudz K.Munhaji K. Munadi K. Ali Maskun K. Ismail Juremi K. Sulaiman Nashrun Drs. Sunardo Drs. Sulargo Drs. Suwondo Drs. Sunarto Drs. Agus Cahyono Drs. Marzuki Drs. Maftukin Sri Supinah, S.Ag. Thohuri, BA Supatmi Anis Syarifah Mulyono Ir. Surikah Suparti, SPd. Ir. Jumirah Juwari Ahmad Munir Mardi Khusain Ahmad Muzayyin Kunsinah Larasati Abdul Kholiq Nur Azis Sya’roni Ahmad Sahil Ahmad Ma’ruf Moh. Jaswadi Ismail Ahmad Supandi Moh. Ja’far Shodiq Moh.Malik Arobi Puryanto Sholihah Aizah Ma’shum Lasdi Siti Sudarwati Sutrisno Shofiyah Unifah Supari Ruqoyyah Wahib Musthofa Istianah Tri Khasanatun Setyo Warni Sunarti Moh. Amin Sugiman Sundari Masyrifah Moh. Syafi’i Nur Hamim Moh. Faridin Ahmad Suroso Muslikh Madiyono | - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - 150268669 - - - 150134006 - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - | GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GN GTY GTY GTY GN GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY GTY TTY TTY TTY TTY TTY TTY | S1. STIT PONPES UN. MEDINAH PONPES PONPES PONPES PONPES PONPES PONPES PONPES PONPES PONPES S1 IKIP S1 IKIP S1 IKIP S1 IKIP S1 IKIP S1 STIT S1 STIT S1 IAIN Sarmud IIWS D3 UMS D3 IKIP D3 IKIP S1 UPT S1 IKIP S1 UPT D3 IKIP STIT STIT STIT D3 IKIP D3 IKIP D2 IKIP STIT D2 IAIN PONPES D3 IKIP MAN PGA MA/PONPES PONPES MA/PONPES MA/PONPES MA/PONPES MA/PONPES PONPES PGA PGA MA/PONPES MA PGA/PONPES MA MA MA/PONPES MA MA MA MA MA MA MA MA D3 IKIP MA SMP MA SD SD | Direktur/Ka MA Guru Agama Guru Bhs. Arab Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru Agama Kepala MADIN Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru PPKn/PMP Guru Bhs. Inggris Guru Ekonomi Guru Bhs. Asing Guru Penjaskes Guru Agama Ka. MTs. / Guru Guru Agama Guru Agama Guru Matematika Guru IPS Guru Fisika , Kimia Guru Biologi Guru Sejarah/PPKn. Guru IPA Guru Penjaskes Guru Geografi Guru IPS Guru Bhs. Daerah Guru Bhs. Indo. Guru Matematika Guru Ketrampilan Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru IPA Ka. MI /Guru Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru Agama Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Guru MI Ka. TU TU TU TU Penjaga Penjaga |
- KURIKULUM PERGURUAN ISLAM BUSTANUL ULUM
Kurikulum TK mengikuti program Depdikbud. MI, MTs. Dan MA menggunakan kurikulum Departemen Agama dengan Tambahan muatan local ilmu – ilmu agama. Dalam upaya peningkatan tafaqquh fiddin di kalangan santri / siswa PIB dalam kajiannya merujuk beberapa literature :
A. MADRASAH IBTIDAIYAH / DINIYAH ULA
No | Mata Pelajaran | Nama Kitab | Ket. |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Tafsir Qur’an Tajwid Hadits Fiqih Tauhid Akhlaq Bahasa Arab Nahwu Shorof Sejarah Islam | Tafsir Al- Jalaalain Tuhfatul Atfal, Jazariyah Al – Arbain Nawawiyah Durusul Fiqih, Taqrib Risalatul Tauhid Akhlaqul Lilbanin Durusul Lughotil Arobiyah Nahwu Wadhih, Jurumiyah Amsilatut – Tashrif Khuslashol Nurul Yaqin | Juz Amma |
B. MADRASAH Tsanawiyah :
NO | Mata Pelajaran | Nama Kitab | Ket. |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 | Tafsir Qur’an Hadits Ilmu Hadits Fiqih Usul Fiqih Tauhid Akhlaq Bahasa Arab Nahwu – Shorof Balagoh Faroidh | Tafsir Al – Jalalain Bulughul Marom Minhatul Mughits Tahrir / Tuhfatut Tulab Lathoiful Isyarat Fathul Majid Ta’limul Muta’allim Ta’limul Lughotil Arobiyah Alfiyah Ibnu Malik Jauharul Maknun Matan Rohabiyah | Juz 1 - 15 |
C. MADRASAH ALIYAH
NO | Mata Pelajaran | Nama Kitab | Ket. |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 | Tafsir Qur’an Ilmu Tafsir Hadits Fiqih Usul Fiqih Qowaid Fiqih Akhlaq Tashawuf Tarikh Tasrie’ Bahasa Arab Balagoh Ilmu Mantiq / Logika | Tafsir Al – Jalaalain Ilmu Tafsir Tajridus Shorih Fathul Wahab Ghoyatul Wushul Faroidul Bahiyyah Kifayatul Atqiya’ At – Tasyriul Islamy Tadrisul Lughotil Arobiyah Jawahirul Balagoh Idhohul Mubham |
D. PONDOK PESANTREN
NO | Mata Pelajaran | Nama Kitab | Ket. |
1 2 3 4 5 6 7 8 | Tafsir Qur’an Hadits Fiqih Tauhid Akhlaq – Tashawuf Nahwu Shorof Sejarah Islam | Tafsir Al – Ibriz Riyadhus – Sholihin Fathul Qorib, Fathul Muin Qomiuth-Thughyan Bidayatul Hidayah Muhtashor Jiddan, Kafrawi Al – Kaelani Madarijus su’ud / Barzanji |
- ALUMNI PERGURUAN ISLAM BUSTANUL ULUM
Para alumni / Mutakhorijin – Mutakhorijat Perguruan Islam Bustanul Ulum Pagerharjo Wedarijaksa Pati dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri / Swasta, Lembaga Takhasus / Pondok Pesantren sbb :
1. IAIN SUNAN KALIJAGA Yogjakarta
2. IAIN WALISONGO Semarang
3. IKIP Semarang
4. STIT / STAI Pati
5. PONDOK HIFDHUL QUR’AN Kudus
6. Berbagai Pondok Pesantren di Jateng dan Jatim
- KEGIATAN EKTRA KURIKULER
Guna melengkapi keilmuan dan ketrampilan para siswa / santri di Perguruan Islam Bustanul Ulum Pagerharjo Wedarijaksa Pati diselenggarakan berbagai kegiatan Ektra Kurikuler, antara lain:
1. Aplikasi Baca Kitab Kuning / Musyawarah Kitab Kuning
2. Bahsul Masail Addiniyah
3. Kursus Bahasa Arab / Bahasa Inggris
4. Kursus Seni Baca Qur’an
5. Kursus Pidato
6. Kursus Menjahit & Menyulam
7. Kursus Batik Tulis ( Batik Bakaran )
8. Drum Band, Rebana dan Qosidah
9. Pramuka & PMR
10. Seni Bela Diri Tenaga Dalam ( Magnetisme )
11. Olahraga
12. Koperasi siswa
- PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH
Para siswa PIB pernah meraih kejuaraan dalam berbagai lomba baik Tingkat Kecamatan Maupun Kabupaten, antara lain :
1. Juara I Lari 100 meter PA PORSENI MTs. Tahun 1992 Kab. Pati
2. Juara III Cerdas Cermat Qur’an ( CCQ ) Kabupaten Pati Tahun 1992
3. Juara I Lari 400 meter PA SLTP Pada HUT RI Ke 48 Tahun 1993 Tingkat Kab. Pati
4. Juara II Sepak Bola SLTP Pada HUT RI Ke 48 Tahun 1993 Tingkat Kab. Pati
5. Juara III Bola Volly SLTP Pada HUT RI Ke 48 Tahun 1993 Tingkat kab. Pati
6. Kejuaraan Bola Volly, Sepak Bola di Tingkat Kecamatan Wedarijaksa & Trangkil antara SLTP mulai Tahun 1989 sd. 1993 Juara I dan II
7. Dan berbagai prestasi lainnya
- PARA PEJABAT / TAMU YANG PERNAH HADIR DI PIB
1. Tahun 1989 : Bp. Sekwilda TK.II Kab.Pati, Meninjau Kebaradaan MTs. Bustanul Ulum
2. Tahun 1989 : Ka. Kandepag Pati, meninjau kebaradaan MTs. Bustanul Ulum
3. Tahun 1991 : Bp. Sekwilda TK. II Kab.Pati dan Ka.Kandepag Pati, meninjau Keberadaan MA Bustanul Ulum.
4. Tahun 1994 : Ustadz Mu’ammar ZA ( Juara I Qori’ Internasional ) dalam acara HUT PIB ke 28
5. Tahun 1995 : Ustadz Arafat Basuni dan Ustadz Abdul hakam, Dosen dari Mesir, dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
6. Tahun 1995 : Ustadz Mu’amar ZA ( Qori’ Internasional ) dalam acara HUT PIB ke 29
7. Tahun 1996 : ustadz Rhoma Irama ( Tokoh Musik Muslim Internasional / Da’I Kondang Nasional ) dalam acara menyongsong 30 Tahun Perguruan Islam Bustanul Ulum / Halal Bihalal
- FASILITAS – FASILITAS YANG DIMILIKI PIB :
Yayasan Ittihadul Muslimin Perguruan Islam Bustanul Ulum memiliki :
a. Tanah Wakaf sawah dan darat + 2 ha.
b. Gedung TK 1 lokal
c. Gedung MI 7 lokal
d. Gedung MTs 6 lokal
e. Gedung MA 4 lokal
f. Gedung Kantor 2 lokal
g. Gedung Koperas i 1 lokal
h. Pondok Pesantren 5 lokal
i. Musholla 2 lokal pa / pi
- LAIN – LAIN :
Untuk tetap menegakkan pendidikan di Perguruan Islam Bustanul Ulum ini , PIB menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, perusahaan dan perbangkan antara lain :
- BPD JATENG, mengadakan pembinaan cara memperoleh Dana Pension Lembaga Keuangan (DPLK) bagi guru / karyawan swasta pada tahun 1994.
- STIPER MALANG, mengadakan pembinaan cara membuat parfum / minyak wangi pada tahun 1994.
- BKKBN Kab. Pati, pernah membina siswa MA Bustanul Ulum untuk mengikuti Pekan Krida Kencana IV di Tegal Tahun 1993.
SUSUNAN PENGURUS
YAYASAN ITTIHADUL MUSLIMIN
Akte Notaris No 62 / 1989
PAGERHARJO WEDARIJAKSA PATI
Periode 1995 sd. 2000
Pelindung : Kepala Desa Pagerharjo
Penasehat : 1. Moh. Sholeh ( Purnawirawan ABRI )
2. H. Abdullah Mansur
Ketua : Sulaiman ( Kades Pagerharjo )
Wakil Ketua : I. Munhaji
II. Moh. Sahli, BA
III. Drs.Moh. Ubaidah Ns.
VI. Sumary Edy ( Sekdes Pagerharjo )
Sekretaris : I. Sholehan Arif
II. Sudiyono
Bendahara : I. Kasdono
II. Muhammadun
Seksi – seksi : 1. Pendidikan & Perguruan
- Drs. Moh. Ubaidah Ns.
- Drs. Sulargo
2. Pembangunan & Pengembangan
- Ahmad Rodhi
- Dimyati
3. Koperasi & Perekonomian
- Karyono
- Ahmadi
4. Social & Humas
- Irham
- Mahmudi
5. Pembantu Umum
- Ahmad Amin
- Suyuthi
- Musthofa
- Kadar
- Maksum Jaiz
- Kasmudi
- Suradi
- Maksum Lasdi
- Sundoyo
Ditetapkan di Pagerharjo
Tanggal : 12 Juni 1996
YAYASAN ITTIHADUL MUSLIMIN
Ketua,
SULAIMAN.
ILMU KEGURUAN
1. Guru harus mengerti dan memahami Dedaktif Metodik agar dalam rangka mengolah Proses Belajar Mengajar ( PBM ) bias benar – benar mencapai tujuan.
2. Dedaktif : Isian atau kepandaian mengajar yang ada pada pribadi Guru.
Metodik : Kaitiyah atau cara yang di tempuh oleh Guru dalam menyampaikan materi ( pelajaran )
3. Mengajar dan Belajar
Mengajar : Suatu aktifitas ( kegiatan ) mengorganisasikan atau mengatur lingkungan sebaik – baiknya dan menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses belajar mengajar.
Belajar : Perubahan kelakuan berkat pengalaman dan latihan. Belajar merupakan proses perubahan perilaku seseorang yang disadari.
4. Cirri – ciri guru yang baik
Ada beberapa ciri – ciri guru yang baik di antaranya :
a. Guru yang baik memahami dan menghormati murit.
b. Guru yang baik harus menghormati bahan pelajaran yang di berikan.
c. Guru yang baik menyesuaikan metode mengajar dengan bahan pelajaran.
d. Guru yang baik menyesuaikan bahan pelajaran dengan kesanggupan individu murid.
e. Guru yang baik mengatifkan murid dalam hal belajar.
f. Guru yang baik memberikan pengertian dan bukan hanya kata - kata belaka.
g. Guru menghubungkan pelajaran dengan kebutuhan murid.
h. Guru mempunyai tujuan tertentu dengan tiap pelajaran yang diberikan.
i. Guru jangan terikat oleh satu text book saja.
j. Guru yang baik tidak hanya mengajar dalam arti menyampaikan pengetahuan saja kepada murid melainkan senantiasa membentuk pribadi anak.
5. Guru yang paling disukai oleh murid – murid
a. Suka membantu dalam pekerjaan sekolah, menerangkan pelajaran dan tugas dengan jelas serta mendalam dan menggunakan contoh-contoh sewaktu mengajar.
b. Riang gembira, mempunyai perasaan humor dan suka menaruh lelucon pada dirinya.
c. Bersikap sahabat, merasa seorang anggota dalam kelompok kelas.
d. Menaruh perhatian kepada murid dan memahami murid.
e. Selalu berusah agar pekerjaan sekolah menarik, membangkitkan keinginan bekerja.
f. Tegas dan sanggup menguasai kelas, membangkitkan rasa hormat pada murid.
g. Tidak pilih kasih, tidak mempunyai anak murid kesayangan.
h. Tidak suka mengomel, mencela, mengejek dan menyidir kepada murid.
i. Betul – betul mengajarkan sesuatu kepada murid yang berharga bagi mereka.
j. Mempunyai kepribadian yang selalu menyenangkan.
6. Guru yang tidak disukai oleh murid – murid
a. Terlalu sering marah, tidak pernah terseyum, sering mencela dan mengancam.
b. Tidak suka membantu murid melakukan pekerjaan sekolah tidak jelas menerangkan pelajaran dan tugas dan tidak membuat persiapan.
c. Pilih kasih dan menelan pada murid – murid tertentu.
d. Tinggi hati,sombong tak mengenal murid.
e. Kejam, tidak toleran terlalu keras dan kasar terhadap murid dan menyuramkan kehidupan murid.
f. Tidak adil dalam memberi angka didalam ulangan dan ujian.
g. Tidak menjaga perasaan anak, membentak – mbentak kepada murid di muka kelas di saksikan banyak teman, murid – murid takut tidak merasa aman.
h. Tidak menaruh perhatian kepada murid dan tidak memahami mereka.
i. Member tugas kepada murid yang tidak sepantasnya, memberatkan murid.
j. Tidak sanggup menjaga disiplin di dalam kelas, tidak dapat mengontrol kelas dan tidak bias menimbulkan rasa hormat untuk dirinya.
Hal – hal tersebut di atas harus benar – benar di perhatikan oleh para guru agar di dalam menekuni bakat sebagai guru betul – betul lebih meyakinkan.
7. Fungsi guru dalam kelas.
a. Melaksanakan Proses Belajar Mengajar ( PBM ).
b. Melaksanakan bimbingan penyuluhan.
c. Mengelola adminitrasi sekolah ( kelas ).
8. Khusus di dalamrangka menunjang Proses Belajar Mengajar ( PBM ) guru hendaknya memperhatikan adanya perbedaan individu masing- masing murid, yang di nataranya yaitu :
a. Perbedaan kecerdasan
b. Perbedaan kecakapan
c. Perbedaan pengalaman.
d. Perbedaan minat / cita – cita
e. Perbedaan sikap
f. Perbedaan bakat
g. Perbedaan kebiasaan
h. Perbedaan kepribadian
i. Perbedaan daerah asal murid
9. Kode etik guru Indonesia.
a. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang bermoral Pancasila.
b. Guru memiliki kejujuran profisional dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik.
c. Guru perlu mengadakan hubungan terutama dalam memperoleh informasi ( laporan ) tentang anak didik tetapi menghindarkan diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
d. Guru menciptakan suasana kkehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid sebaik – baiknya bagi kepentingan anak didik.
e. Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di sekitar sekolah maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan.
f. Guru secara sendiri – sendiri atau bersama – sama berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu potensinya .
g. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesame guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun lingkungan luas.
h. Guru secara bersama – sama memelihara, membina dan meningkatkan organisasi protesi sebagai sarana pengabdian.
i. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam pendidikan.
10. Kopentensi guru Indonesia. Kompetensi = Kewenangan / Kekuasaan untuk menentukan suatu hal. Diantaranya ialah :
a. Menguasai bahan yang akan disampaikan.
b. Mengelola program belajar mengajar.
c. Mengelola kelas agar menjadi tertib.
d. Menggunakan media / sumber.( suatu yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu / pelajaran ).
e. Menguasai landasan – landasan kependidikan.
f. Mengelola intraksi belajar mengajar.
g. Menilai prestasi siswa untuk pendidikan dan pengajaran.
h. Mengenal fungsi dan program belajar mengajar.
i. Mengenal dan meyelenggarakan adminitrasi sekolah.
j. Memahami prinsip – prinsip dan pandai menafsirkan.
11. Ada beberapa metode mengajar.
a. Metode ceramah ( disampaikan dengan lesan )
b. Metode latihan siap ( dramatisasi ) , meningkatkan ketrampilan.
c. Metode Tanya jawab, untuk membuka dialog.
d. Metode diskusi.
e. Metode demontrasi / experimen /percobaan, teoritis.
f. Metode lesitasi dan simulasi ( member tugas ).
g. Metode karyawisata, untuk memperkaya pengalaman siswa lewat pengamatan langsung.
h. Metode work shop ( belajar kelompok ) untuk memupuk gotong royong siswa.
12. Kebutuhan – kebutuhan siswa / murid
Guru hendaknya memperhatikan kebutuhan murid diantaranya yaitu :
a. Kebutuhan untuk memperoleh kasih saying.
b. Kebutuhan untuk memperoleh harga diri.
c. Kebutuhan untuk memperoleh penghargaan / penghormatan.
d. Kebutuhan untuk memperoleh kebebasan ( bidang study / tempat).
e. Kebutuhan untuk memperoleh prestasi.
f. Kebutuhan untuk memperoleh perlindungan.
g. Kebutuhan untuk memperoleh posisi yang menyenangkan ( tempat ).
h. Kebutuhan untuk diperlukan orang lain ( pemerintah ).
i. Kebutuhan untuk berkawan seperti orang yang sukses.
13. Cara membangkitkan motivasi ( dorongan ) kepada murid.
a. Member nilai angka.
b. Member hadiah
c. Membuatkan saingan ( Ahmad di katakana paling pandai ).
d. Melibatkan diri siswa (siswa di panggil nyemak ).
e. Memberikan ulangan.
f. Mengadakan kerja kelompok.
14. Cara membangkitkan kegiatan ( activitas ) murid.
a. Beratnya (kepada murid ).
b. Berikan tugas ( yang sesuai ).
c. Experiment / praktek ( langsung ).
d. Diskusi.
15. Cara membangkitkan perhatian anak murid.
a. Gunakan alat peraga.
b. Berikan intermeso ( selingan ) yang segar. (diceritakan yang menarik ).
c. Diambil yang penting – penting saja.
d. Di orelasikan ( di hubung- hubungkan ) dengan dunia nyata.
e. Memperlihatakan penguasaan guru akan materi kepada murid (berikan kependalaman dari agama dan yang lain ).
16. Evaluasi
a. Evaluasi ialah usaha menetapkan nilai yang ada pada orang / murid setelah di adakan pengukuran.
b. Evaluasi ialah kegiatan penilaian tentang penguasaan siswa terhadap bahan hasil Proses Belajar Mengajar ( PBM ) yang menilai meliputi aspek kemampuan, pengetahuan nilai – nilai dan sikap.
c. Evaluasi ialah kegiatan untuk membandingkan hasil yang diperoleh orang dan sekaligus menetapkan nilai.
17. Tujuan evaluasi.
Tujuan evaluasi untuk memperoleh data dan informasi tentang sesuatu yang diperlukan / untuk perbaikan Proses Belajar Mengajar (PBM ).
18. Fungsi evaluasi :
a. Untuk menetapkan nilai.
b. Untuk mengetahui kemajuan murid.
c. Untuk keperluan penempatan.
d. Untuk keperluan supervise ( pengawasan ) / mengawasi murid.
e. Untuk keperluan BP.
f. Feed back ( umpan balik ) dalam PBM. ( guru mengambil manfaat ).
19. Syarat – syarat evaluasi
a. Tepat Faleed (valid ).
b. Tetap – Realiable.
c. Apa adanya obyektif.
d. Menyeluruh comperehensif.
e. Distandar desasi = Tetap dan tepat.
f. Mudah di laksanakan.
20. Jenis – jenis penilaian ada 4 jenis yaitu :
a. Nilai formatif = Penilaian yang diberikan akhir pelajaran ( di berikan pada akhir pelajaran ).
b. Sumatif = Penilaian yang di berikan pada akhir semester.
c. Diagnotis = penilaian yang untuk mengetahui hambatan siswa.
21. Teknik Penilaian :
a. Teknik test.
b. Teknik non test.
22. Test di bagi 3 macam :
a. Test tulisan.
b. Test perbuatan.
c. Test lesan.
Demikianlah sekilas ilmu keguruan yang harus di mengerti dan harus faham oleh guru. Setikdak - tidaknya guru pernah membaca. Karena keterbatasan ilmu Penulis dalam menulis ilmu keguruan, maka hanya inilah kemapuan yang ada. Kemudian segala kekurangan mohon di maafkan.
Pagerharjo, 02 Januari 1987
Penulis.
ttd
(MOCH. UBAIDAH AN NASHRY).
ILMU KEGURUAN
PERGURUAN ISLAM BUSTANUL ULUM
PAGERHARJO WEDARIJAKSA PATI
DI SUSUN OLEH
Drs. MOH. UBAIDAH NASHRUN
YAYASAN ITTIHADUL MUSLIMIN
PERGURUAN ISLAM BUSTANUL ULUM
ALAMAT : Jl. Raya Rogoino No 54 Pagerharjo Wedarijaksa 59152
PATI
Cah Be'U emang bisa apa aja,Ora mung iso Tahlilan , Berjanjenan , Bal2an ,Took.... Tapi yo Ancen Kudu Iso internetan Barang...Good...good....Marsogut.....
BalasHapusSUKSES DAH BUAT BUSTANUL ULUM..........!!!!!!!!!!!!
BalasHapussukses juga buat BUSTANUL ULUM...,ngomong2 kapan buat situs khususnya? biar kami mudah untuk akses informasi.., kalau bisa semua kegiatannya bisa di online..
BalasHapusBustanul Ulum Jaya Selalu !!!
BalasHapus